LETAK KOLAM YANG SALAH MENURUT FENGSHUI

LETAK KOLAM YANG SALAH MENURUT FENGSHUI (風水)

Ivan Taniputera

13 Mei 2014

 

Beberapa hari yang lalu saya menengok seorang teman yang menderita penyakit jantung ke rumahnya. Ia baru saja pulang dari salah satu negara tetangga guna memasang ring di jantungnya. Umur kawan saya tersebut sebenarnya masih relatif muda, yakni sekitar 37 tahun. Kendati demikian, ia telah mengalami gangguan jantung. Penyakit memang sekarang tidak mengenal usia. Karena mengetahui bahwa saya memahami ilmu Fengshui, maka ia meminta saya memeriksa kondisi Fengshui rumahnya.

Ternyata di sektor selatan rumah terdapat kolam. Berikut ini adalah gambar diagram Fengshui Bintang Terbangnya (飛星, Feixing).

Saya menganalisa sebagai berikut. Sektor selatan pada dasarnya ditempati oleh trigram Li (離) yang berunsur api. Jadi kolam yang berunsur air mengalami bentrok dengan unsur api. Trigram Li mewakili jantung, sehingga tidak mengherankan jika jantungnya bermasalah.

Kawan saya sebenarnya semenjak awal tahun mengawali masalah pelik sehingga menguras pikirannya. Ia mengalami kasus sengketa tanah dan masih diurus di pengadilan. Tanah yang dibelinya ternyata masih dalam sengketa. Apabila kita amati, ternyata pada sektor selatan terdapat bintang Lucun (diwakili angka 3). Lucun sebenarnya merupakan bintang keuangan. Namun ia juga dapat mendatangkan pertikaian, iri hati, perselisihan, dan masalah hukum. Jadi disamping mendatangkan uang, Lucun juga berpeluang mendatangkan hal-hal buruk di atas. 

Jika kita mempelajari Ziweidoushu, maka bintang Lucun pasti akan dijepit oleh Qinyang dan Tuoluo. Kedua bintang yang menjepit Lucun tersebut dapat diibaratkan sebagai bintang penjahat. Ibaratnya orang yang keluar dari bank sambil membawa banyak uang, maka akan dibayangi oleh penjahat. Dengan demikian, adanya Lucun berarti rejeki atau keberuntungan tidak akan dimenangkan dengan mudah. Selalu diperlukan persaingan atau “peperangan” demi mendapatkannya.

Lalu bagaimana mengatasinya? Karena baru saja keluar banyak uang untuk operasi, kemungkinan ia agak sayang jika diharuskan mengeluarkan banyak uang guna menutup kolam tersebut. Untungnya, ilmu Fengshui tidak selalu harus menghamburkan banyak uang dan tidak selalu harus membongkar atau merubuhkan sesuatu. Kita dapat memikirkan penangkal yang murah dan meriah tetapi ampuh. Saya menyarankannya agar menanam beberapa tumbuhan palem merah di sekitar kolam.

 

Menurut Fengshui tumbuhan, palem merah berunsur api, sehingga dapat memperkuat unsur api. Tumbuhan sendiri berunsur kayu. Air akan menghidupkan kayu dan kayu akan menghidupkan api. Dengan demikian, unsur api akan diperkuat. Bintang Lucun berunsur kayu. Dengan demikian unsur kayu akan ditransformasikan menjadi api, sehingga segenap perkara dapat terselesaikan. Kebetulan unsur api juga merupakan salah satu unsur bagusnya menurut Bazi.

Semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya silakan Kunjungi:
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s