RAMALAN YIJING:MENANYAKAN MENGENAI BISNIS YANG JALAN DI TEMPAT: BERTAHAN ATAU PINDAH TEMPAT BARU?

RAMALAN YIJING: MENANYAKAN MENGENAI BISNIS YANG JALAN DITEMPAT: BERTAHAN ATAU PINDAH TEMPAT BARU?

Ivan Taniputera

ivan_taniputera@yahoo.com

19 Juli 2014

Seorang teman menanyakan mengenai usahanya yang dirasa jalan di tempat. Oleh karenanya ia sedang mempertimbangkan, apakah bertahan di tempat tersebut ataukah kembali ke kampung halamannya? Saya mencoba melakukan peramalan dengan Yijing. Pertama-tama saya mencoba mengetahui bagaimana kondisi bisnisnya saat itu. Saya formulasikan pertanyaan sebagai berikut:

 

1. Bagaimana kondisi saat ini?

 

Didapatkan heksagram 62 berubah menjadi 31.

 

 

Uraian:

Heksagram 62 disebut Xiao Guo. Ini menggambarkan seekor burung yang belum sanggup tinggal landas. Mungkin ia belum mampu terbang tinggi, sehingga lebih bijaksana terbang ke arah yang aman. Oleh karenanya, kita dapat menafsirkan bahwa saat ini Anda sebenarnya kekurangan kemampuan, sumber daya, pengetahuan, keterampilan, dan lain sebagainya, sehingga menghambat kemajuan Anda. Kemungkinan Anda tidak benar-benar mengetahui rahasia atau aturan permainan sesungguhnya bagi bisnis tersebut. Ibaratnya burung kecil tersebut, yang jika terbang tinggi justru akan membahayakan dirinya sendiri, Anda disarankan agar berkonsentrasi saja pada tujuan-tujuan kecil. Kelemahan-kelemahan Anda itulah yang akhirnya menghambat kemajuan Anda. Heksagram 31 disebut Xian. Ini menggambarkan suatu daya tarik antara dua orang. Heksagram ini menganjurkan adanya suatu ikatan atau kerja sama (aliansi) antara kedua belah pihak. Oleh karenanya, solusi bagi kemajuan bisnis Anda adalah dengan mengadakan suatu kerja sama atau aliansi dengan pihak lain yang lebih kuat. Jika bertahan dengan kekuatan sendiri, Anda ibaratnya adalah seperti burung kecil pada perumpamaan di atas.

 
 

Pertanyaan kedua kita mencoba mengetahui bagaimana jika kembali ke kampung halaman. Kita merumuskan pertanyaannya sebagai berikut:

2. Bagaimana jika kembali ke kampung halaman?

Didapatkan heksagram 60 (Jie).

 Ini melambangkan adanya suatu batasan atau pengekangan. Ibaratnya air di danau yang dibatasi oleh danau. Besar kecilnya daerah yang ditempati air tersebut bergantung pada luasnya danau. Oleh karenanya, di kampung halaman, Anda akan menghadapi berbagai batasan dan pengekangan. Dengan kata lain, Anda tidak akan bisa mencapai hasil yang terlalu tinggi. Anda harus menyesuaikan diri dengan batasan-batasan tersebut. Anda harus puas dengan hal tersebut. Tetapi heksagram 60 ini berubah menjadi 29. Ini adalah heksagram Kan, terdiri dari elemen air dan air. Jadi terdapat air berganda. Heksagram ini melambangkan bahaya, yakni air yang terlampau banyak (banjir). Banjir bisa menghanyutkan segalanya. Oleh karenanya, kembali ke kampung halaman nampaknya bukan solusinya.

Pernyataan berikutnya mengenai bagaimana jika bertahan di tempat yang sekarang:

3.Bagaimana jika tetap diam di tempat lama?

Didapatkan heksagram 16 (Yu).

Heksagram ini menandakan adanya semangat, antusiasme, kebahagiaan, kegembiraan, dan sesuatu yang memuaskan. Menandakan pula adanya awal yang baru. Oleh karenanya jika Anda tetap berdiam di tempat lama, maka itu dapat mendatangkan kebahagiaan. Adanya awal baru merupakan saran agar Anda memulai suatu pekerjaan atau langkah baru. Anda harus melakukan persiapan yang lebih seksama dibandingkan sebelumnya. Dengan demikian, Anda akan mengetahui kelebihan dan kelemahan Anda. Selanjutnya maju dengan hati-hati, sehingga sanggup menghindari segenap bencana.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Fengshui, Astrologi, Bazi, Ziweidoushu, metafsika dan lain-lain silakan kunjungi:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s