PESAWAT YANG JATUH: TELAAH MANFAAT ILMU FIRASAT

PESAWAT YANG JATUH: TELAAH MAANFAAT ILMU FIRASAT

26 Juli 2014

Ivan Taniputera

Pada beberapa artikel mengenai pesawat yang jatuh belum lama berselang, maka saya mendapati kisah mengenai korban yang telah mendapatkan firasat sebelumnya. Sebagai contoh, adalah seorang anak yang menanyakan pertanyaan dengan penuh  kekhawatiran mengenai kematian sehari sebelum ia menumpang pesawat naas tersebut. Ia memeluk ibunya seolah-olah itu adalah pertemuan terakhir mereka. Ada pula penumpang yang merasa gelisah menjelang keberangkatan pesawat tersebut. Kita tidak mengetahui kebenaran dari kisah-kisah itu. Namun jika seandainya benar, maka firasat nampaknya dapat menyelamatkan banyak korban.

Sebagai contoh, sebelum pesawat berangkat, maka para penumpang dapat ditanyai, adakah yang mengalami mimpi buruk terkait pesawat itu? Adakah yang mengalami kegelisahan tidak masuk akal? Jika ada maka penerbangan dapat dibatalkan atau ditunda. Demikianlah contoh pemanfaatan ilmu firasat. Umat manusia dewasa ini terlalu berpegang pada apa yang disebut sains. Tetapi pada kenyataannya, sains juga belum sanggup meniadakan sama sekali terjadinya bencana. Karenanya, umat manusia perlu berpaling pada ilmu firasat ini dan mencoba memanfaatkannya demi keselamatan banyak orang.

Penelitian lebih jauh perlu dilakukan terhadap firasat ini, misalnya dengan memindai bagian otak manakah yang aktif saat seseorang mendapatkan firasat. Apakah ilmu firasat ini dapat menjadi bahan kajian ilmu neurosains di masa mendatang? Semua pertanyaan ini mungkin masih lama terjawab. Kendati demikian, ini nampaknya merupakan topik penelitian yang menjanjikan.

Pada intinya, kita hendaknya tidak mengabaikan peringatan apapun yang muncul dari dalam batin kita, karena barangkali itu adalah suatu peringatan dini.

Artikel menarik lainnya silakan kunjungi https://www.facebook.com/groups/339499392807581/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s