MAKNA KATAK YANG MATI DI ATAS JALAN

MAKNA KATAK YANG MATI DI ATAS JALAN

Ivan Taniputera

8 Februari 2015

Hari ini saya menemukan seekor katak yang mati di atas jalan.

 
 

Saya mencoba menafsirkannya dengan menggunakan Yijing. Pertama-tama kita perlu mencari trigram bagi katak. Ternyata katak diwakili oleh trigram (trigarit) Li. Sedangkan jalan oleh trigram (trigarit) Zhen. Oleh karenanya, keduanya lantas menjadi heksagram ke-21 (Shike).

 
 

Heksagram di atas menyatakan adanya pihak-pihak yang bermusuhan atau berseteru, dimana permusuhan serta perseteruan tersebut akan berlanjut ke ranah hukum. Selain itu, pertikaian tersebut juga akan melibatkan fitnahan serta upaya saling menjatuhkan atau memfitnah pihak lain. Akan terdapat berbagai hambatan serta halangan. Kendati demikian, heksagram menyarankan bahwa pihak-pihak yang bertikai tersebut agar saling berkompromi. Tanpa adanya kompromi dan niat kuat mencapai penyelesaian yang baik, maka konflik akan berkepanjangan. Masing-masing pihak hendaknya tidak saling memaksakan keinginannya sendiri. Kata kunci bagi penyelesaian masalah hanyalah kompromi.

 

Jika kita mengaitkan kondisi ramalan di atas dengan keadaan saat ini, maka perseteruan antar pihak yang sedang terjadi hanya dapat diselesaikan melalui kompromi atas dasar niat baik masing-masing pihak. Perseteruan yang terjadi hanya akan membuahkan hambatan bagi khalayak yang lebih luas. Dengan demikian, upaya menciptakan masyarakat yang baik dan bersih akan terhambat. Masing-masing pihak harus bersedia meninggalkan kepentingannya sendiri agar perseteruan terselesaikan. Tanpa adanya niat baik, maka kasus perseteruan atau konflik tersebut akan berkepanjangan. 

 

Katak juga dapat ditafsirkan sebagai pihak yang gemar meloncat ke sana kemari. Adanya katak yang mati tersebut menyarankan bahwa pihak yang gemar meloncat ke sana kemari akan dipaksa meninggalkan kebiasaan tersebut. Orang yang gemar meloncat ke sana kemari akan jatuh. Dengan demikian, pada tahun Kambing ini, orang perlu menentukan pihak atau cara bersikap. Kita tidak bisa berpindah-pindah haluan dari satu pihak ke pihak lainnya. Kita harus berhenti dan memusatkan perhatian pada pihak yang benar.

 

Dari segi bisnis, orang yang masih meloncat ke sana kemari harus mulai menentukan satu bisnis yang hendak digelutinya dengan serius. Era meloncat ke sana kemari sudah harus ditinggalkan. Sudah saatnya menentukan profesionalisme di tahun Kambing ini. Dari segi asmara, maka orang juga harus mulai menentukan kesetiaannya pada satu pasangan. Orang yang gemar berganti kekasih atau mengobral asmara ke sana kemari akan mengalami penyesalan mendalam. 

 

Dengen demikian, kata kunci bagi makna katak mati itu adalah “ketetapan.”

 

Sebagai penutup, kini tibalah saatnya bagi kita  yang beragama Buddha memancarkan cinta dan belas kasih agar katak tersebut dapat terlahir di alam bahagia. Bagaimana pun juga ia telah mengajarkan pada kita bahwa kehidupan ini tidaklah kekal. 

 

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Bazi, Ziweidoushu, Fengshui, dan lain sebagainya silakan kunjungi:

 
 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s