TELAAH ASTROLOGI SEORANG PEMBUNUH BERANTAI: KASUS CARL PANZRAM

TELAAH ASTROLOGI SEORANG PEMBUNUH BERANTAI: KASUS CARL PANZRAM

.

19 Januari 2016

Ivan Taniputera.

.

Seorang sahabat menanyakan apakah ada ciri-ciri khusus dalam diagram Bazi, Ziweidoushu, atau Astrologi seseorang yang mengungkap bahwa ia adalah psikopat atau pembunuh berantai. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan mencoba menelaah mengenai Carl Panzram (1891-1930), seorang pembunuh berantai dari Amerika Serikat. Untuk memudahkan nama Carl Panzram akan kita singkat “CP.”

.

Karena data kelahiran hanya berupa tanggal tanpa jam kelahiran, maka kita hanya melakukan telaah berdasarkan Astrologi dan Bazi saja.

.

Sebelumnya, perlu saya ungkapkan bahwa apa yang dipaparkan dalam analisa ini hanyalah kecenderungan saja. Tidak benar bahwa setiap orang yang mempunyai konfigurasi tersebut pasti akan menjadi psikopat atau pembunuh berantai? Pada tanggal dan saat tersebut pasti ada ribuan orang lain yang dilahirkan, namun mengapa hanya satu saja yang menjadi psikopat atau pembunuh berantai? Ini menandakan bahwa manusia mempunyai kehendak bebas, disamping banyak faktor lain juga berperan. Secara ringkas, manusia mungkin mempunyai kecenderungan yang sama, namun semuanya berpulang pada diri sendiri bagaimana mereka hendak mengarahkan kecenderungan tersebut, yakni ke arah baik atau buruk. Semuanya kembali pada kehendak bebas manusia itu sendiri.

.

Kita akan mulai dengan analisa Astrologi terlebih dahulu.

.

 
 

Ada beberapa hal menarik pada bagan kelahiran Astrologi di atas. Nampak bahwa terdapat Square antara Saturnus dan Pluto. Makna Square ini adalah sebagai berikut:

.

1) Adanya keinginan kuat dalam mendominasi atau berkuasa atas orang lain. Pribadi yang bersangkutan akan menganggap bahwa orang lain merupakan subyek-subyek yang perlu ditaklukkan atau dikalahkan.

2) Ada kekuatan-kekuatan misterius di sekeliling pribadi bersangkutan yang akan menghambat kebahagiaannya, baik dalam hal keluarga, pekerjaan, atau percintaan.

3) Mudah jatuh ke dalam rencana jahat orang lain. Dengan kata lain, pribadi yang bersangkutan rentan menjadi korban kejahatan orang lain.

4) Terdapat nafsu membalas dendam yang kuat.

.

Jadi sehubungan dengan makna nomor 1 dan 4, maka itu merupakan pemicu bagi CP melakukan tindakan pembunuhan dan pelecehan seksualnya.

.

Sebelum melanjutkan, kita menelaah dahulu riwayat kehidupan CP. Sebagai catatan, data-data biografis di bawah ini diambil dari wikipedia. Ia dilahirkan pada keluarga miskin di sebuah pertanian terletak di Minnesota, Amerika Serikat. Ayahnya meninggalkan keluarga saat ia berusia 8 tahun. Semenjak usia 12 tahun, CP telah terlibat dalam tindak kejahatan, yakni mencuri kue, apel, serta sebuah pistol. Ia kemudian dikirim ke penjara anak-anak bernama Minnesota State Training School oleh orang tuanya pada tahun 1903. Di sana ia kerap dipukuli, disiksa, dan mengalami pelecehan seksual oleh para penjaganya. Penjara itu memang terkenal akan kekejamannya terhadap para tahanan. Karena penderitaan dan pelecehan seksual yang dialaminya itu, CP menjadi dendam pada dunia ini dan bertekad akan menyebarkan malapetaka padanya. Hal ini sesuai dengan poin 4.

.

Setelah dibebaskan dari penjara anak-anak tersebut pada tahun 1905, CP dikenal sebagai pecandu alkohol dan sering mengalami masalah dengan para penegak hukum karena tindakan pencurian dan perampokan yang dilakukannya. Pada usia 14 tahun, CP melarikan diri dari rumah dan mengembara dengan menumpang mobil atau kereta. Di salah satu pengembaraannya itu, CP mengalami pelecehan seksual secara beramai-ramai. Ini memperlihatkan kesesuaian dengan poin 3.

.

Pada tahun 1915, CP melakukan berbagai tindakan perampokan dan pencurian. Ia tercatat pula melakukan serangkaian pelecehan seksual terhadap anak-anak muda, hingga akhirnya ia dijatuhi hukuman tujuh tahun di penjaran Oregon. Karena tindakannya yang sering melawan petugas penjara, ia kerap dijatuhi hukuman keras, antara lain tidak diberi makan, sehingga ia harus menyantap kecoa di tempat tersebut. Dalam otobiografinya, CP menulis bahwa pelecehan seksual yang dilakukannya dilakukan demi mendominasi dan merendahkan korbannya. Jadi hal ini sesuai dengan poin 1.

.

CP melakukan pembunuhan pertamanya pada tahun 1918 setelah melarikan diri dari penjara. Ia membeli kapal dengan uang hasil perampokannya dan memperkerjakan beberapa pelaut. CP memberi mereka minum sampai mabuk dan membunuh mereka semua. Kejahatan lainnya dilakukan di Angola, Afrika, yakni membunuh seorang anak laki-laki saat ia melakukan perburuan buaya.

Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa kehidupan CP memang sedari muda tidak membahagiakan, yakni ia sering mengalami tindak kekerasan dari orang lain. Ini sesuai dengan poin 2.

.

Jika kita saksikan dalam bagan astrologi kelahiran di atas, terdapat banyak sekali Square. ini menandakan suatu kehidupan yang penuh gejolak atau turbulensi:

.

1) Matahari Square Bulan (permasalahan dengan pasangan hidup).

2) Matahari Square Ascendant (gejolak batin)

3) Bulan Square Merkurius (dibelenggu oleh pengalaman masa lampau)

4) Bulan Square Midheaven (MC atau Zenith).

5) Venus Square Yupiter (Permasalahan dengan aturan moralitas.Ada dorongan kuat melawan aturan moralitas. Bisa melakukan tindakan-tindakan yang tidak bermoral atau ditentang oleh moralitas masyarakat pada zamannya. Kehidupan percintaan tidak bahagia).

6) Venus Square Saturnus (Kurang dekat dengan sosok ayah. Akan kehilangan ayah dalam usia muda).

7) Saturnus Square Neptunus (Kurang mempunyai rasa tanggung jawab atau ingin melarikan diri dari tanggung jawab. Bisa melakukan tindakan melalui jalan pintas dan menghalalkan segala cara demi mencapai tujuannya).

.

Tujuh Square (aspek buruk) adalah sangat banyak dalam kehidupan seseorang. Ini dapat membuat hidupnya bergejolak.

Jadi jika kita ringkaskan, maka pemicu bagi tindakan kejahatan yang dilakukan CP adalah kedua aspek sebagai berikut:

a. Saturnus Square Pluto

b.Saturnus Square Neptunus

c.Venus Square Yupiter

Selain itu, banyak orang yang jatuh ke dalam tindak kriminal biasanya mempunyai hubungan dengan orang tua kurang bahagia. Ada sosok-sosok orang tua yang hilang dalam hidupnya. Jadi kita bisa menambahkan:

d.Venus Square Saturnus.

.

Mungkin orang mempunyai satu atau dua aspek di atas. Namun jika sampai empat yang muncul, maka efeknya akan sangat dashyat. Apalagi jika masih ada aspek-aspek buruk lainnya.

.

Kendati demikian, semua itu berpulang pada orang itu sendiri, mengenai bagaimana ia mengendalikan dan mengarahkan aspek-aspek buruk tersebut.

Sebenarnya masih ada aspek-aspek yang baik, yakni:

Merkurius Trine Uranus. Aspek ini dapat meningkatkan kemampuan dalam berpikir cepat dan mengambil keputusan yang menguntungkan dirinya. Ia juga akan mempunyai kemampuan baik dalam menentukan langkah-langkah diambil. Selain itu, terdapat pula kemampuan dalam memanfaatkan hal-hal baru.

.

Aspek ini barangkali membantu CP dalam merencanakan dan melakukan tindakan kejahatannya. Terbukti bahwa CP pernah sanggup melarikan diri dari penjara. Saat hendak ditangkap di Afrika karena pembunuhannya, ia cepat-cepat melarikan diri kembali ke Amerika Serikat.

.

Aspek baik lain adalah Mars Trine Yupiter. Ini menandakan bahwa pribadi bersangkutan mempunyai jiwa kemanusiaan dalam dirinya.

.

Namun pengaruh aspek baik ini tenggelam dalam diri CP, sehingga tidak mempunyai kesempatan memunculkan dirinya secara nyata.

.

Berdasarkan analisa Astrologi di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa dalam diri seseorang terdapat potensi-potensi atau kecenderungan baik dan buruk. Bagaimana pun jahatnya seseorang, masih ada potensi kebaikan yang dapat dikembangkan. Namun dalam diri CP, memang terdapat lebih banyak aspek buruk, sehingga segenap aspek baik seolah-olah tenggelam dan tidak dapat memunculkan dirinya secara maksimal. Banyak orang yang terlahir pada saat sama dengan CP, tetapi tidak menjadi pembunuh berantai. Meski mereka mempunyai aspek yang sama, namun tidak semuanya menjadi pembunuh berantai. Jadi alam masih memberikan kehendak bebas pada manusia. Jikalau kehendak bebas itu tidak ada, maka pastilah seluruh pembunuh berantai itu akan mempunyai tanggal dan jam kelahiran yang sama! Padahal kenyataannya tidak demikian.

.

Kini kita akan beralih pada metoda Bazi.

.

 
 
 

Perlu dicatat di sini, bahwa kita tidak mengetahui jam kelahirannya, sehingga analisa tidak dapat dilakukan secara maksimal.

CP adalah orang Kayu Yin yang lahir pada musim panas sedang mencapai puncaknya, sehingga kayu menjadi kering. Oleh karena itu, ia memerlukan elemen air. Elemen air tidak terdapat pada diagram Bazi di atas (tapi mungkin ada di pilar jam, kita tidak mengetahui jam kelahirannya). Diagram Bazi di atas terlalu kering.

.

Terdapat pula elemen Logam yang memotong elemen dirinya, yakni Kayu. Dengan demikian, pribadi bersangkutan rentan melakukan tindak kekerasan, terutama dengan menggunakan senjata. Ingat bahwa senjata diwakili elemen Logam. Logam dalam hal ini pasti merupakan elemen yang kurang baik bagi pemilik Bazi di atas, karena menandakan adanya permasalahan dengan penegak hukum.

.

Perhatikan pula bahwa diagram Bazi di atas dipenuhi oleh interaksi negatif, sehingga tidak mengherankan jika pemilik Bazi di atas hidupnya banyak mengalami gejolak atau turbulensi. Ia juga akan mempunyai hubungan yang kurang baik dengan orang tua. Diagram yang terlalu kering di atas dan kekurangan air, menandakan bahwa pribadi yang bersangkutan kurang dapat mengembangkan empati pada orang lain. Ia kurang mendapatkan dukungan dan simpati dari orang lain. Akibatnya ia kurang dapat membangkitkan kelembutan hati.

Nampak adanya bintang simbolis Jiang Xing. Ini menandakan bahwa pribadi yang bersangkutan mempunyai keberanian yang kuat. Meski tidak benar bahwa setiap orang yang berani adalah pembunuh berantai, namun setidaknya pembunuh berantai harus mempunyai keberanian. Jika tidak berani bagaimana ia dapat membunuh begitu banyak orang? Bintang simbolis Wenchang menandakan bahwa orang ini memang setidaknya mempunyai kemampuan berpikir yang baik, hanya saja karena dirusak, maka tidak dimanfaatkan untuk kebaikan.

.

CP dijatuhi hukuman mati dengan digantung pada tahun 1930. Ia memasuki dekade Geng Yin (1925-1935). Dalam hal ini kayu (rumput) dipangkas oleh Logam. Ingat bahwa Logam merupakan elemen buruknya. Dalam kurun waktu ini, ia menghabiskan seluruh sisa hidupnya di penjara (1923-1930). Tahun 1930 adalah tahun Geng Wu, yang juga didominasi unsur buruknya. Ingat bahwa Geng adalam Logam. Tanggal penjatuhan hukuman matinya adalah 5 September 1930, pada hari Xin You. Keduanya adalah Logam. Jadi pada hari itu, hidupnya benar-benar diakhiri oleh Logam.

.

Marilah kita memanjatkan doa agar baik orang yang dibunuh maupun pembunuhnya dapat sama-sama terlahir di alam bahagia, terbebas dari segenap penderitaan.

.

Terlepas dari hasil analisa di atas, kita perlu menyadari bahwa Astrologi baik Barat maupun Timur adalah sekedar sarana atau wahana dalam mempelajari kehidupan. Nampak bahwa kekerasan pada masa kanak-kanak dapat memicu kehidupan buruk di masa selanjutnya. Oleh karenanya, dari kasus ini kita hendaknya bertindak sedapat mungkin menjauhkan tindak kekerasan dari lingkungan kita. Menjauhkan kekerasan berarti menciptakan masa depan yang baik bagi kemanusiaan. Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . .

.

 

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s