PERGERAKAN BINTANG DALAM ZIWEIDOUSHU

PERGERAKAN BINTANG DALAM ZIWEIDOUSHU

.

Ivan Taniputera.

15 Maret 2016

.

Beberapa orang menanyakan apakah bintang-bintang dalam Ziweidoushu mewakili benda langit yang sebenarnya. Banyak pakar dan praktisi menyatakan bahwa bintang-bintang itu bukanlah mewakili benda langit sebenarnya. Kendati demikan, terdapat seorang pakar yang menulis bahwa bintang-bintang dalam Ziweidoushu terkait dengan benda langit sebenarnya. Namun saya berpandangan bahwa memang benar bintang-bintang dalam Ziweidoushu itu bukan bintang sebenarnya. Saya lebih cenderung menyebutnya bintang-bintang hipotetis.

.

Alasan saya adalah sebagai berikut. Jika benar itu merupakan bintang sebenarnya, maka akan memperlihatkan suatu gerakan yang teratur. Untuk kepentingan hal ini, saya akan melakukan perbandingan dengan Astrologi Barat. Dengan demikian, akan jelas perbedaan gerakannya.

.

Sebagai contoh, saya akan menelusuri gerakan Ziwei dan Taiyang bagi tanggal 15 Maret 2016, dimulai dari pukul 01.00 dini hari.

.

Hasilnya adalah sebagai berikut:

.

Pukul 01.00, Ziwei ada di Wu (Sektor Karir). Taiyang ada di Mao (Sektor Orang Tua).

Pukul 03.00, Ziwei ada di Zi (Sektor Saudara). Taiyang ada di You (Sektor Kemakmuran).

Pukul 05.00, Ziwei ada di Zi (Sektor Jiwa). Taiyang ada di You (Sektor Anak).

Pukul 07.00, Ziwei ada di Wu (Sektor Penyakit). Taiyang ada di Mao (Sektor Karir).

Pukul 09.00, Ziwei ada di Wu (Sektor Kemakmuran). Taiyang ada di Mao (Sektor Sahabat).

Pukul 11.00, Ziwei ada di Xu (Sektor Orang Tua). Taiyang ada di Wei (Sektor Pasangan Hidup).

Pukul 13.00, Ziwei ada di Xu (Sektor Batin). Taiyang ada di Wei (Sektor Saudara).

Pukul 15.00, Ziwei ada di Yin (Sektor Penyakit). Taiyang ada di Hai (Sektor Karir).

Pukul 17.00, Ziwei ada di Yin (Sektor Kemakmuran). Taiyang ada di Hai (Sektor Sahabat).

Pukul 19.00, Ziwei ada di Chen (Sektor Saudara). Taiyang ada di Chou (Sektor Kemakmuran).

Pukul 21.00, Ziwei ada di Chen (Sektor Jiwa). Taiyang ada di Chou (Sektor Anak).

Pukul 23.00, Ziwei ada di Wu (Sektor Properti). Taiyang ada di Mao (Sektor Jiwa).

.

Dalam bentuk gambar adalah sebagai berikut.

.

 
 

Jika kita jadikan satu maka jalur pergerakan masing-masing adalah sebagai berikut.

.

 

.

 

Nampak adanya suatu jalur tidak teratur dan melompat-lompat, dimana ini berbeda dengan jalur gerakan benda langit yang nyata. Selain itu, jika benar Taiyang adalah sama dengan matahari, maka ia seharusnya menjalani keseluruhan di antara 12 sektor itu dalam sehari. Pada kenyataannya, di tanggal 15 Maret 2016, Taiyang hanya memasuki Mao, You, Wei, Hai, dan Chou saja.

.

Berbeda dengan Astrologi Barat, dimana Matahari akan memasuki 12 rumah dalam sehari secara keseluruhan dan gerakannya tidak melompat-lompat.

.

 
 
 

Nampak bahwa Matahari berada di rumah ketiga pada pukul 01.00. Lalu berpindah ke rumah kedua pada pukul 03.00. Selanjutnya berpindah ke rumah pertama pada pukul 05.00. Begitu pula seterusnya. Dengan demikian, gerakan Matahari menurut Astrologi Barat bersifat teratur, yakni berpindah satu rumah, setiap kurang lebih dua jam sekali. Gerakannya juga tidak melompat-lompat. Hal ini dikarenakan Astrologi Barat berpedoman pada benda langit sebenarnya (dalam hal ini Matahari sebenarnya).

.

Oleh karenanya, kita dapat menyimpulkan bahwa bintang-bintang dalam Ziweidoushu bukanlah benda langit sebenarnya. Meski Taiyang dalam Ziweidoushu diartikan sebagai “Matahari,” namun itu bukanlah Matahari dalam arti sebenarnya. Lebih tepat kita menyebutnya sebagai “Matahari hipotetis” yang mempunyai aturan peredarannya sendiri.

.

Meski tidak mewakili bintang sebenarnya, artikel ini bukan hendak menyatakan bahwa Ziweidoushu tidak akurat. Mungkin saja yang dipetakan oleh Ziweidoushu adalah aliran energi yang menyertai kehidupan seseorang dengan jalur peredaran seperti di atas. Semua ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

.

 

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . .

.

 

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s