KESEPADANAN BINTANG-BINTANG DALAM ZIWEIDOUSHU DAN PLANET-PLANET DALAM ASTROLOGI BARAT

KESEPADANAN BINTANG-BINTANG DALAM ZIWEIDOUSHU DAN PLANET-PLANET DALAM ASTROLOGI BARAT

.

Ivan Taniputera.

21 Juni 2016.

.

 
 
 

Saya mencoba mencari di internet apakah ada yang sudah menulis mengenai kesepadanan antara bintang-bintang yang dipergunakan dalam Ziweidoushu dengan planet-planet dalam Astrologi Barat. Ternyata belum ada yang menulis tema semacam itu. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini, saya mencoba menulis tentangnya. Dengan mempelajari mengenai kesepadanan ini kita dapat mencari benang merah antara Astrologi Barat dan Timur.

.

(1) Bintang Ziwei ( 紫薇 ) mempunyai sifat seperti Matahari, yakni penguasa bagi zodiak Leo.menurut Astrologi Barat. Bintang Ziwei melambangkan seorang kaisar, pemimpin, atau raja, begitu pula dengan Matahari. Meskipun demikian, Ziwei menguasai otak dan pencernaan, sementara itu, dalam Astrologi Barat otak dikuasai oleh Merkurius dan Uranus. Pencernaan dalam Astrologi Barat dikuasai oleh Bulan. Oleh karenanya, kita dapat menyimpulkan bahwa dari sifatnya Ziwei mirip dengan Matahari; sedangkan dari sisi organ tubuh yang diwakili atau dikuasai, Ziwei mempunyai energi seperti Merkurius, Uranus, dan Bulan.

.

(2) Bintang Taiyang ( 太陽 ) secara harafiah berarti Matahari. Namun sifat bintang ini ada kaitannya dengan perjalanan atau pergerakan. Ia juga merupakan bintang pendidikan, karena gemar mengajarkan prinsip-prinsipnya pada orang lain. Oleh karenanya, jika disepadankan dengan Astrologi Barat, maka ia mempunyai kemiripan dengan Yupiter. Namun dari sisi organ tubuh yang dikuasai, Taiyang mewakili jantung. Dalam Astrologi Barat, planet yang menguasai jantung adalah Matahari. Dengan demikian, berdasarkan sifatnya Taiyang dapat disepadankan dengan Yupiter, sedangkan dari sisi organ tubuh yang diwakili ia lebih dekat pada Matahari.

.

(3) Bintang Taiyin ( 太陰 ) secara harafiah berarti Bulan. Taiyin ada kaitannya dengan rumah tangga dan melambangkan pikiran atau batin, dimana jika mendapatkan pengaruh buruk batin akan sering bergejolak. Selain itu, ia juga menguntungkan bagi properti. Dengan demikian, dalam Astrologi Barat ia dapat disepadankan dengan Bulan, yakni penguasa bagi tanda zodiak Cancer. Dari sisi kesehatan, ia melambangkan sistim reproduksi. Dalam Astrologi Barat, sistim reproduksi dibagi menjadi dua. Bagi kaum wanita dikuasai oleh Bulan beserta Venus, sedangkan kaum pria dikuasai oleh Mars. Dengan demikian, dari sisi organ tubuh, Taiyin juga mempunyai sifat mirip dengan Bulan, namun berlaku baik bagi pria maupun wanita.

.

(4) Bintang Tianji ( 天機 ) terkait dengan kecerdasan dan kemampuan intelektual. Selain itu, ia juga melambangkan perubahan yang cepat. Oleh karenanya, jika disepadankan dengan Astrologi Barat, Tianji mirip sifatnya dengan Merkurius dan Uranus. Dari sisi organ tubuh, Tianji menguasai sistim syaraf dan hati. Sistim Syaraf ini dalam Astrologi Barat juga sama-sama dikuasai oleh Merkurius beserta Uranus; sedangkan hati oleh Yupiter.

.

(5) Bintang Jumen ( 巨門) melambangkan perkataan. Oleh karenanya, ia sangat dekat dengan Merkurius. Kendati demikian, Jumen mewakili organ lambung. Lambung merupakan sistim pencernaan yang menurut Astrologi Barat dikuasai oleh Bulan.

.

(6) Bintang Tanlang ( 貪狼 ) merupakan bintang yang mempunyai sifat gemar bermain-main, melambangkan asmara dan percintaan, serta pergaulan. Sifat buruknya dapat membangkitkan hubungan yang tidak sehat dengan lawan jenis karena bintang ini juga melambangkan nafsu kepada lawan jenis. Juga dapat membangkitkan sifat genit. Selain itu, Tanlang juga terkait dengan seni. Bintang ini mempunyai sifat seperti Venus dan Mars. Meskipun demikian, dari sisi organ tubuh ia menguasai hati, empedu, dan organ reproduksi. Oleh karenanya, jika ditinjau dari organ tubuh yang diwakilinya dalam Astrologi Barat ia dapat disepadankan dengan Yupiter (hati), Saturnus (empedu), Mars, dan Pluto.

.

(7) Bintang Pojun ( 破軍 ) merupakan bintang yang melambangkan perintisan dan pendobrakan. Ia melambangkan pembukaan suatu bidang yang baru. Dengan demikian, ia mempunyai sifat yang dekat dengan Uranus. Dari sisi organ tubuh, Pojun menguasai sistim reproduksi, sehingga terkait dengan Mars dan Pluto.

.

(8) Bintang Wuqu ( 武曲 ) merupakan bintang yang melambangkan ketegasan, kemauan kuat, menjaga prinsip, mempunyai daya tahan kuat, dan kurang menyukai sesuatu yang kurang pasti. Sisi buruknya, ia mempunyai sifat keras dan kaku. Dengan demikian, sifat-sifat ini sangat dekat dengan Saturnus. Dari sisi organ tubuh, Wuqu menguasai sistim pernafasan, yang dalam astrologi Barat dikuasai oleh Merkurius.

.

(9) Bintang Qisha ( 七殺 ) merupakan bintang yang cerdas dan banyak akal. Ia biasanya lebih suka bekerja sendirian. Terdapat jiwa kreatifitas dan tidak mengikuti pandangan orang lain. Apa yang dipandangnya benar akan dijalankannya. Karenanya, sifat-sifat ini sangat dekat dengan perpaduan antara Merkurius dan Uranus. Dari sisi organ tubuh, Qisha menguasai sistim pernafasan, yang dalam Astrologi Barat dikuasai oleh Markurius.

.

(10) Bintang Tianliang ( 天梁 ) merupakan bintang yang menggemari agama dan filsafat. Menggemari sesuatu yang bersifat spiritual. Selain itu, ia juga merupakan bintang panjang usia dan juga disebut bintang orang lanjut usia (lansia). Tetapi ia gemar menyendiri. Jika, kita mencoba mencari padanannya dalam astrologi Barat, maka ia merupakan perpaduan antara Yupiter dan Saturnus. Yupiter mewakili agama dan filsafat; sedangkan Saturnus melambangkan sesuatu yang lanjut usia, kuno, dan penyendiri. Dari sisi organ tubuh, Tianliang mewakili lambung dan usus. Dalam astrologi Barat, organ-organ tubuh yang termasuk sistim pencernaan ini diwakili oleh Bulan.

.

(11) Bintang Lianzhen ( 廉貞 ) juga merupakan bintang asmara, sehingga mirip dengan Tanlang. Selain itu, juga merupakan bintang seni. Kendati demikian, ia juga terkait dengan darah, sehingga sisi gelapnya mewakili kecekakaan, pertumpahan darah, dan penyakit yang ada hubungannya darah. Dari sisi organ tubuh ia mewakili darah. Dengan demikian, sangat jelas bahwa Lianzhen mempunyai kaitan erat dengan Mars. Lianzhen dapat bersikap sangat merusak dan membahayakan, dimana ini merupakan salah satu sifat Pluto. Lianzhen mudah terjatuh ke dalam alkoholisme atau kecanduan minuman keras. Dengan demikian, ia juga terkait dengan Neptunus. Kita dapat menyimpulkan bahwa Lianzhen merupakan bintang yang rumit.

.

(12) Bintang Tiantong ( 天同 ) melambangkan ketenangan dan menikmati kesenangan hidup. Ia juga menggemari sastra beserta seni. Bintang ini memiliki sifat kelembutan. Dengan demikian, Tiantong erat kaitannya dengan Venus. Dari sisi orang tubuh, ia mewakili saluran kencing. Saluran kencing ini termasuk dalam sistim eksresi yang menurut Astrologi Barat dikuasai oleh Mars beserta Pluto.

.

(13) Bintang Tianxiang ( 天相 ) merupakan bintang yang menggemari kuliner atau makanan. Oleh karenanya, ia terkait erat dengan Bulan. Selain itu, Tianxiang merupakan bintang yang dapat dipercaya mengurus sesuatu dan sanggup menyimpan rahasia. Dengan demikian, sekali lagi, ia mempunyai kaitan kuat dengan Bulan. Tianxiang juga mewakili sistim reproduksi, yang dalam Astrologi Barat dikaitkan dengan Mars beserta Pluto.

.

(14) Bintang Tianfu ( 天府 ) mempunyai sifat konservatif dan sangat teliti dalam mengurus keuangan. Meskipun demikian, ia kurang mempunyai kreatifitas dalam menghasilkan uang sendiri. Jadi, ia hanya pandai dan teliti dalam mengurus keuangan orang lain. Sifat-sifat seperti erat kaitannya dengan Saturnus. Tianfu menguasai organ lambung, yang dalam Astrologi Barat dikuasai oleh Bulan.

.

Demikianlah upaya mencari kesepadanan antara 14 bintang utama dalam Ziweidoushu dengan 10 benda langit yang dipergunakan dalam Astrologi Barat. Penjelasan di atas dapat mempermudah mereka yang sudah menguasai Ziweidoushu dalam mempelajari Astrologi Barat dan begitu pula sebaliknya.

.

Sebagai bahan penelitian lebih lanjut, kita barangkali dapat menyimpulkan bahwa kemungkinan orang yang mempunyai bintang Ziwei di sektor jiwanya akan mempunyai sifat Matahari/ Leo yang kuat, dimana ini tercermin dalam:

.

1) Ascendant ditempati oleh tanda zodiak Leo.

2) Matahari berada di Ascendant.

3) Midheaven (MC) ditempati oleh Leo.

4) Matahari berada di Leo.

5) Matahari berada di rumah kelima (rumah alami Matahari/ Leo)

6) Stellium (tiga planet atau lebih) berada di Leo.

7) Stellium di rumah kelima.

dan lain sebagainya.

.

Kita boleh meringkaskan sebagai berikut:

.

1) Ziwei = Matahari

2) Taiyang = Yupiter

3) Taiyin = Bulan

4) Tianji = Merkurius + Uranus

5) Jumen = Merkurius

6) Tanlang = Venus + Mars.

7) Pojun = Uranus

8) Wuqu = Saturnus

9) Qisha = Merkurius + Uranus

10) Tianliang = Yupiter + Saturnus

11) Lianzhen = Mars + Neptunus + Pluto.

12) Tiantong = Venus

13) Tianxiang = Bulan

14) Tianfu = Saturnus.

.

Jika ditinjau dari planet-planet Astrologi Barat maka rumusannya adalah sebagai berikut.

.

1) Matahari = Ziwei

2) Bulan = Taiyin + Tianxiang

3) Merkurius = Tianji + Jumen + Qisha

4) Venus = Tanlang + Tiantong

5) Mars = Tanlang + Lianzhen

6) Yupiter = Taiyang + Tianliang

7) Saturnus = Tianliang + Tianfu + Wuqu

8) Uranus = Pojun + Tianji + Qisha

9) Neptunus = Lianzhen.

10) Pluto = Lianzhen.

.

Dengan demikian, kita sebagai contoh dapat menyimpulkan bahwa Merkurius mempunyai sifat paduan Tianji, Jumen, dan Qisha. Tentu saja upaya penyepadanan di atas masih dalam taraf awal. Barangkali masih terdapat pendapat-pendapat lainnya.

.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . .

 

 

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s