KASUS FENGSHUI: KAMAR MANDI DI ATAS DAPUR

KASUS FENGSHUI: KAMAR MANDI DI ATAS DAPUR.

.

Ivan Taniputera.

1 Desember 2016

.

 
 

.

Salah seorang teman menanyakan mengenai kamar mandi yang berada di atas dapur. Ia menanyakan jika tidak diperbolehkan apakah landasan filosofis dan logisnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya lalu menyusun artikel ini.

.

Kamar mandi di atas dapur memang tidak diperkenankan dari sisi Fengshui. Landasan filosofisnya adalah sebagai berikut. Dapur mempunyai unsur atau elemen Api; sedangkan kamar mandi berelemen Air. Air memadamkan Api dalam siklus kelima unsur. Dengan demikian relasi keduanya bentrok satu sama lain. Hal ini tentu saja kurang bagus dari kaidah Fengshui. Dari sisi Fengshui, maka akibat yang ditimbulkannya dapat berupa penyakit, khususnya jantung, karena jantung diwakili oleh elemen Api. Selain itu, apabila elemen rejeki pemilik rumah diwakili oleh Api, dapat juga mengakibatkan permasalahan keuangan yang serius. Secara umum, dampaknya adalah buruk. Oleh karenanya, penting sekali saat merancang rumah, menghindari adanya kamar mandi di atas dapur.

.

Lalu bagaimanakah dari sisi logika? Kamar mandi biasanya menjadi satu dengan tempat membuat kotoran. Tentu saja kurang nyaman apabila kita menyadari bahwa saat sedang memasak makanan, di atas kita sedang ada orang membuang kotoran. Kemudian, kotoran itu erat hubungannya dengan bakteri dan virus penyebab penyakit. Bisa saja sedikit terjadi kebocoran, sehingga akhirnya kuman-kuman tersebut merembes ke dapur.Kelembaban juga dapat memicu tumbuhnya jamur. Akibatnya alat masak dan bahan makanan kita berpeluang tercemari. Demikianlah jika kita mencoba mencari sisi ilmiah hal tersebut.

.

Jikalau sudah terjadi, apakah yang harus kita kita lakukan? Tentu saja jawaban terbaik adalah memindahkan dapur atau kamar mandi itu. Namun jika tidak memungkinkan apa lagi yang dapat dilakukan? Untuk mencegah perembesan kuman penyakit dan kelembaban itu, maka dapat menggunakan penyekat yang sempurna di antara keduanya. Dengan demikian, kecil peluang kuman dapat merembes ke dapur. Selanjutnya, jika menilik dari metafisika Tiongkok, maka hadirkan elemen atau unsur yang dapat menengahi bentrokan antara keduanya (Air dan Api). Caranya adalah menghadirkan elemen Kayu. Dengan kehadiran Kayu, maka alurnya menjadi Air menghasilkan Kayu, Kayu menghasilkan Api. Tidak lagi terjadi bentrokan. Penerapannya adalah mengecat langit-langit dapur dengan warna hijau. Hijau dalam hal ini melambangkan elemen Kayu. Dapat pula menaruh tumbuhan dalam pot di dalam dapur.

.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . 

.

 

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.

 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s