MENAFSIRKAN MAKNA CIAMSIE PERJODOHAN SEORANG TEMAN

MENAFSIRKAN MAKNA CIAMSIE PERJODOHAN SEORANG TEMAN.

.

Ivan Taniputera.

29 Desember 2016

.

Salah seorang teman mendapatkan ciamsie sebagai berikut.

.

 
 

.

Adapun pertanyaannya adalah mengenai perjodohan. Saya akan membantu menafsirkan makna ciamsie tersebut.

.

Pada baris paling atas terhadap aksara 泗水 (Sishui), yang berarti Surabaya.

Baris selanjutnya tercantum nama kuil tempat ciamsie ini diambil yakni: 北極廟 atau Běijí miào.

Selanjutnya terdapat nama Dewa Xuantian Shangdi (玄天上帝, Hokkian: Hian Thian Siang Tee).

.

Berikut ini adalah baris-baris isi ciamsienya:

.

福如東海壽如山

Fú rú dōnghǎi shòu rúshān

Arti harafiah: Rejeki (Keberuntungan) adalah laksana Lautan Timur. Usia adalah bagaikan Gunung.

.

君你何須 嘆苦難

Jūn nǐ héxū tàn kǔnàn

Arti harafiah: Lalu mengapakah Anda bersusah hati?

.

命中自然逢大吉

Mìngzhòng zìrán féng dàjí

Arti harafiah: Nasib dengan sendirinya (secara alami) akan berjumpa yang diharapkan.

.

祈保分明德自安

Qí bǎo fēnmíng dé zì ān

Arti harafiah: Memohon perlindungan jelas sekali akan mendatangkan kedamaian bagi diri sendiri.

.

Secara umum hari arti ciamsie itu dapat diringkaskan menjadi kalimat sebagai berikut, “Untuk apakah bersusah hati karena kelak Anda dengan sendirinya akan berjumpa jodoh yang baik?” Jadi, artinya dapat dikatakan baik. Anda hanya tinggal banyak berdoa saja. Namun dalam menafsirkan suatu ciamsie kita harus kreatif dan intuitif, karena ibaratnya ini seperti mengartikan suatu teka teki. Kita perlu mencoba menemukan berbagai hal-hal yang sekiranya tersembunyi dalam ciamsie tersebut. Tentu saja ini memerlukan kemampuan intuitif yang kuat.

.

Kita akan menguraikan lebih jauh ciamsie ini.

.

Kemungkinan jodoh penanya berada di sebelah timur tempat kediamannya, yakni di dekat laut atau pantai. Jika gambar berikut ini adalah sketsa peta Surabaya, maka kemungkinan letaknya adalah seperti daerah yang diberi warna hijau.

.

 
 

.

Jika kita boleh menafsirkan lebih jauh, maka terdapat kata “gunung” pada ciamsie tersebut. Oleh karenanya, kemungkinan tempat tinggalnya terdapat unsur gunung, yakni nama jalan atau perumahan yang menggunakan nama gunung serta ada kaitannya dengan unsur gunung.

.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah kemungkinan sebelum berjumpa dengan jodoh tersebut Anda harus melalui beberapa penggoda terlebih dahulu, yakni orang-orang yang perilakunya tidak benar. Daji 大吉 (Keberuntungan Agung) bunyinya mirip dengan 妲己, yakni nama permaisuri Kaisar Zhouwang (Hokkian: Tiu Ong) pada Hikayat Penganugerahan Dewata (Fengshen, Hokkian: Hongsin). Permaisuri Daji ini adalah penjelmaan Siluman Rase Berekor Sembilan yang bertujuan menyesatkan Kaisar Zhouwang. Jadi, Anda akan berjumpa dengan jodoh-jodoh palsu yang Anda anggap atau salah sangka sebagai jodoh Anda. Anda mungkin akan keliru menganggap 妲己 (Keberuntungan Agung) sebagai 大吉 (Siluman Rubah Berekor Sembilan). Akibatnya Anda mengalami kesengsaraan.

.

Kendati demikian, dengan banyak berdoa atau berbuat baik Anda akan mendapatkan kedamaian atau ketenangan bagi diri sendiri. Anda akan mendapatkan zì ān atau “kedamaian bagi diri sendiri.” Namun barangkali ini merupakan petunjuk bagi nama jodoh Anda; yakni barangkali namanya terdapat bunyi Zi dan An. Mungkin juga terdapat nama-nama yang aksara depannya Z, J, C, atau A. Jadi bisa saja singkatan nama (inisialnya adalah Z A; J A; atau C A. Tentu saja ini adalah sekedar penafsiran saja.

.

Jika kita boleh mengotak-atik lebih jauh makna ciamsie ini, maka terdapat aksara (fen). Aksara ini juga dapat diartikan sebagai “pembagian” atau “perpisahan.” Jadi sebelum berjumpa dengan jodoh Anda perlu terdapat “perpisahan” terlebih dahulu. Jadi bisa jadi jodoh itu adalah orang yang sudah pernah bercerai atau berpisah ( 分割 ) dengan suami atau keluarganya.

.

Ciamsie mengambil episoda kehidupan Jenderal Xue Rengui (Hokkian: Sie Djin Koei), yang disebut 薛仁貴救駕 ( Xuērénguì jiù jià ). Kisahnya terjadi pada tahun 654, yakni ketika ia menyelamatkan kaisar dari bencana banjir yang melanda ibu kota. Kaisar kemudian sangat berterima kasih pada Xue Rengui. Jadi kita dapat menafsirkan bahwa kemungkinan Anda berjumpa jodoh Anda saat ia sedang mengalami suatu kesulitan, dimana Anda akan menyelamatkannya.

.

Jika ditelaah dari Batang Langit dan Cabang Buminya, maka ciamsie itu adalah Ji Hai. Ji berelemen Tanah, sedangkan Hai berelemen Air. Jadi dalam hal ini elemen Tanah (Gunung) dan Air (Lautan) berperan kembali.

.

Demikianlah kita sudah menafsirkan ciamsie ini dari berbagai sisi.

.

 

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . .

 
 

 

.

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s