ASAL MULA MANTRA ABRAKADABRA

ASAL MULA MANTRA ABRAKADABRA

.

Ivan Taniputera.

16 April 2017.

.

Saat menonton pertunjukan sulap, kita sering mendengar pesulap mengucapkan mantra “Abrakadabra.” Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai asal mula mantra tersebut.

.

Ternyata mantra tersebut awalnya ditujukan untuk menyembuhkan penyakit demam, dan dipergunakan di Eropa pada masa lampau. Mantra tersebut dapat ditulis menjadi amulet atau jimat seperti gambar di bawah ini.

.

 
 

Nampak bahwa mantra itu ditulis dalam abjad Ibrani; yakni:

.

Aleph (A), Bet (B), Resh (R), Aleph (A), Kaf (K), Dalet (D), Bet (B), Resh (R), Aleph (A).

Selanjutnya pada baris berikutnya, huruf Aleph terakhir dihilangkan. Baris selanjutnya, huruf Resh terakhir pada baris sebelumnya dihilangkan, dan demikian seterusnya, hingga tersisa Aleph yang pertama. 

.

ABRAKDBRA

ABRAKDBR

ABRAKDB

ABRAKD

ABRAK

ABRA

ABR

AB.

A

.

Perhatikan pula bahwa huruf Ibrani ditulis dari kanan ke kiri; jadi berkebalikan dengan penulisan huruf Latin.

.

Pasien atau penderita penyakit, baik membaca sendiri atau diwakili orang lain, mengucapkan baris pertama hingga terakhir.

.

Mungkin timbul pertanyaan, mengapa penulisan dan pembacaan harus seperti itu? Terdapat pandangan dari seorang pakar bernama Bischoff dalam karyanya bertahun 1902, yang menyatakan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa Kaldea; yakni Abbada Ke Dabra; artinya “Lenyap seperti kata-kata ini.” Jadi jelas sekali, baris-baris yang semakin berkurang hurufnya itu melambangkan lenyapnya penyakit. Penyakit yang diderita orang itu diharapkan agar “lenyap seperti kata-kata ini.” Terdapat pula informasi yang menyatakan bahwa mantra ini telah ditemukan oleh Serenus Sammonicus, yakni tabib Kaisar Caracalla dari Kekaisaran Romawi.

.

Jadi, kini kita sudah mengetaui bahwa mantra Abrakadabra itu asal mulanya dipergunakan untuk menyembuhkan penyakit demam.

 

DAFTAR PUSTAKA.

.

Budge, Wallis. Amulets and Talismans, Citadel Press Book, 1992.

.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . .

.

 

 

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s