GAMBAR UNTUK MEDITASI, MEMBANGKITKAN DAYA BATIN, DAN PENGENALAN JATI DIRI

GAMBAR UNTUK MEDITASI, MEMBANGKITKAN DAYA BATIN, DAN PENGENALAN JATI DIRI.

.

Ivan Taniputera.

14 Mei 2018.

.

 
 
 

.

Mumpung besok hari Minggu, mari kita berlatih mengenal jati diri kita. Pertama-tama, carilah tempat yang tenang. Boleh duduk dalam sikap meditasi. Yang penting rileks. Cari arah hadap yang Anda rasa nyaman. Pusatkan perhatian pada hirupan dan hembusan nafas. Setelah pikiran terpusat dan mantap, pandanglah gambar di atas. Tanyakan pada diri Anda sebagai berikut.

A. Jika Anda berada di depan gua seperti pada gambar, apakah Anda akan masuk? (Ya/Tidak). Sebutkan apa alasannya? Jika Anda tidak masuk, Anda akan pergi ke arah kiri atau kanan? Bayangkan saat Anda berjalan pergi. Siapakah sosok yang Anda temui? Gambarkanlah. Kalau ada sosok lain gambarkanlah juga. Anda pergi ke mana setelah itu? Gambarkanlah. Adakah sosok yang berjalan bersama Anda gambarkanlah. 

B. Pertanyaan yang sama dengan atas jika Anda melangkah masuk. Siapakah sosok pertama yang Anda jumpai? Setelah berjalan berapa langkah? Siapakah sosok kedua yang Anda jumpai? Setelah berjalan berapa langkah? Gambarkanlah seluruh sosok yang Anda jumpai. Jumlahnya bebas. Sesuaikan dengan gambaran batin yang Anda dapatkan. 

C. Adakah sosok yang menyertai Anda dalam perjalanan masuk ke gua? Apakah Anda berbincang-bincang dengannya? Apakah temanya. Adakah pesa-pesan khusus yang diberikan olehnya? 

D. Apakah yang jumpai pada akhir perjalanan Anda? 

E. Apakah Anda ingin komentar Anda ditanggapi? (Ya/Tidak).

.

Karena ini merupakan latihan yang sulit, maka bacalah lebih dahulu langkah-langkah di atas dengan seksama. Silakan bagikan pengalaman Anda di kolom komentar. Jika Anda ingin mendapatkan tanggapan, silakan tulis komentar Anda dengan jelas, lengkap, dan padat. Hanya komentar yang jelas, lengkap, dan padat akan saya tanggapi.

.

Berikut ini adalah komentar-komentar yang masuk beserta tanggapan saya di grup facebook Diskusi Astrologi, Bazi, Ziwei, Fengshui, dan Metafisika (link: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/).

.

PENANYA PERTAMA.

.

A. Saya tdk akan masuk. Saya tdk suka dgn keadaannya yg suram. Saya akan pergi ke arah kanan dr gua tsb. Dlm perjalanan, saya bertemu orang tua spt pertapa, atas kepalanya botak, dan berjenggot putih panjang. Ada seorang tinggi besar yg menyertai orang tua tsb. Setelah itu, saya berjalan ke arah belakang dr arah saya berdiri di hadapan orang tua tsb. Orang tinggi besar itu lalu menyertai dlm perjalanan saya. B – C – D. Dlm akhir perjalanan saya menjumpai sebuah cahaya terang putih lembut, tdk menyilaukan. E. Boleh di tanggapi ko.

.

Tanggapan saya:

Saya akan menafsirkannya sebagai berikut. 

.

1. Sebenarnya antara masuk dan tidak masuk ke dalam gua tidak ada yang salah atau lebih baik. Semuanya hanya merupakan pilihan saja. Anda lebih cenderung pada sesuatu yang sifatnya nyata atau riil. Anda kurang menyukai sesuatu yang bersifat tidak jelas atau terlalu abstrak. Segala sesuatu bagi Anda perlu mempunyai nilai praktis, termasuk dalam hal spiritual sekali pun. Jadi, bila orang berbicara mengenai spiritualisme, maka bagi Anda perlu ada tindakan nyata. 

2. Bagi Anda materi adalah sesuatu yang penting. Dunia spiritual pun juga berkaitan dengan materi. Mungkin sekali Anda berpikir bahwa berbuat baik juga perlu materi, tidak cukup hanya berkata-kata saja. Konsep yang baik jika tidak diwujudkan, juga tidak akan membuahkan apa-apa. Itulah sebabnya, Anda tidak menyukai sesuatu yang hanya sebatas konsep. Perlu ada bukti nyata. Sebagai contoh, jika ada orang yang kelaparan; maka ia perlu diberi makanan, bukan hanya sekedar kata-kata atau nasihat kebijaksanaan saja. 

3. Anda kurang suka melihat kesalahan atau kesedihan masa lalu. Bagi Anda untuk apa melihat sisi muram kehidupan. Kehidupan ini terlalu indah untuk dicemari dengan kesedihan dan kemuraman masa lalu. 

4. Masa lalu Anda mungkin ada kaitannya dengan kegiatan pertapaan. Itulah sebabnya, meski materi merupakan sesuatu yang penting bagi Anda, namun spiritual juga penting. Pada kehidupan lampau, Anda berangkali merupakan seorang pertapa. 

5. Seorang tinggi besar itu nampaknya merupakan sosok pelindung Anda. Dengan penyertaan sosok tersebut, Anda mungkin akan disegani orang lain dan selain itu orang-orang yang berniat jahat mungkin akan merasa khawatir atau takut terlebih dahulu. Paling tidak orang yang berniat jahat terhadap Anda mungkin akan merasa tidak enak. Sosok pelindung itu sangat mungkin berasal pula dari kehidupan masa lampau Anda. 

6. Anda merupakan sosok yang menganggap ketenangan sebagai tujuan hidup yang penting. Meditasi ketenangan nampaknya lebih cocok bagi Anda, dibandingkan meditasi analitis. 

7. Kalau boleh ditambahkan lagi, maka uraian di atas juga dapat menggambarkan misi atau karma Anda dalam kehidupan saat ini. Anda akan diharuskan selalu melakukan tindakan nyata. Artinya, entah bagaimana dalam kehidupan Anda seolah-olah selalu didorong atau diharuskan turun tangan sendiri dalam sebagian besar pekerjaan yang Anda tekuni. Sebagai contoh, jika Anda tidak turun tangan terlebih dahulu, orang lain tidak akan bertindak atau bergerak. Semuanya menunggu Anda bergerak terlebih dahulu. Bila Anda tidak turun tangan, pekerjaan akan menjadi macet. Memang ini terasa merepotkan atau mengesalkan Anda. Tetapi memang demikianlah, misi atau tanggung jawab Anda dalam kehidupan sekarang, sehingga sulit dihindari. Uniknya, meski merasa kesal Anda juga tidak dapat berpangku tangan saja. Anda ingin tidak bergerak, namun anehnya ada dorongan dalam diri Anda agar turun tangan. Sebagai contoh, Anda mungkin merasa kurang percaya bila orang lain yang melakukannya.

.

Penanya Pertama:

Sama² terima kasih… Tepat. Betul sekali ko 😄 Kl tdk di jabarkan Ko Ivan Taniputera. Saya sama sekali tdk ngeh. Cuma di jalankan apa adanya. Point 4 dan 5 ini yg saya blm menyadari kebenarannya.

.

PENANYA KEDUA.

.

B). Saya akan masuk k dalam goa ini, Sosok yg prtma sya temui setelah jalan 5 langkah seorang wanita kaya raya berpakaian bangsawan si pemilik ruangan goa ini . Sosok kedua yg sya temui setelah jalan 3 langkah seorang pria tua berjenggot panjang bijaksana dan mengajarkan hal2 spiritual. .C) Setelahnya pria tua itu brcerita bahwa di dalam gua ini saya akan menemukan banyak kebahagiaan dan hal2 menyenangkan. D) Saya ditemani sampai pada ujung gua yg tyta sebuah padang rumput yg luas, terang dan menyenangkan. E ) Ya, ditanggapi koh

.

Tanggapan saya:

.

Saya akan mencoba memberikan tanggapan sebagai berikut:

1. Anda merupakan sosok yang gemar berbagai misteri kehidupan, khususnya terkait hal-hal yang masih dianggap sebagai rahasia oleh kebanyakan orang. Anda gemar mengeksplorasi berbagai aspek atau sisi yang belum diketahui, baik berkaitan dengan diri Anda ataupun orang lain. 

2. Sosok wanita bangsawan yang Anda saksikan itu mungkin sekali terkait kehidupan masa lalu Anda. Jadi, pada kehidupan lalu Anda mungkin lahir di keluarga bangsawan. Hal ini barangkali juga masih tertanam di tataran alam bawah sadar Anda. Anda mungkin tertarik pada sesuatu yang ada kaitannya dengan kerajaan atau istana. Kaum bangsawan biasanya hidup berdasarkan tata cara atau etiket tertentu. Oleh karenanya, Anda cenderung hidup menurut hal-hal seperti itu. Bagi Anda semua perlu ada aturannya. Kebangsawanan juga berkaitan dengan rasa bangga bagi diri sendiri. Dengan demikian, Anda mungkin seringkali merasa lebih tinggi dibandingkan orang lain. Hal ini tidak masalah. Yang penting ambil saja sisi positifnya. 

3. Pria tua itu mungkin merupakan sosok pelindung Anda. Ia akan memberikan berbagai pengajaran dan peringatan agar hidup Anda lebih berbahagia. Caranya memberi tahu juga beraneka ragam. Bisa juga melalui mimpi atau suatu bisikan dalam batin Anda. Selan itu, bisa juga melalui orang lain. Sosok tersebut mungkin pernah muncul melalui mimpi. Bisa jadi, ia dulu merupakan penasihat spiritual kerajaan. 

4. Anda bukan orang yang menjadikan materi sebagai tujuan hidup Anda. Bagi Anda materi tidaklah penting. Yang lebih penting adalah kesanggupan membebaskan diri dari segenap penderitaan dan beban hidup saat ini; baik itu berkaitan dengan diri sendiri maupun orang lain. Oleh karenanya, Anda mungkin sekali bercita-cita mendirikan sebuah tempat di mana banyak orang dapat beristirahat dan bersenang-senang melepaskan beban hidupnya.

Demikianlah hasil pembacaan saya.

.

Penanya kedua:

.

Semua poin benar koh. Mmg bnar ada sosok pelindung dari leluhur saya. Tp g nyangka bsa dilihat dari gmbar ini.

.

PENANYA KETIGA.

.

B. Saya masuk menjumpai diri sy sendiri berjalan 3 langkah sosok kedua alm.papa sy berjalan 4 langkah Dan Setelahnya hanya gelap gulita… Ini Yg sy rasa… Di tanggapi boleh tidak juga tidak apa” Terima kasih koh.

.

Tanggapan saya:

.

Karena hanya singkat saja komentar Anda, maka saya juga tidak dapat memberikan banyak tanggapan. Namun paling tidak saya akan menafsirkan sebagai berikut:

1. Anda mempunyai ikatan batin yang kuat dengan almarhum ayah Anda. 

2. Anda belum menemukan tujuan hidup Anda dan Anda masih mencari saat ini. Jika orang bertanya, “Apakah tujuan hidupmu?” maka Anda kebingungan menjawabnya. 

3. Anda berusaha mencari jati diri Anda sendiri, tetapi belum dapat menembusnya dan hanya masih di permukaan saja. Anda berupaya mengenali diri Anda sendiri, namun sampai saat ini belum berhasil. 

.

Demikianlah yang dapat saya baca.

.

Penanya ketiga: Speechless… Terima kasih koh Ivan

.

Saya: Apakah benar yang saya katakan?

.

Penanya ketiga: sepertinya koh Ivan lebih mengenal diri sy dr pada sy sendiri… Benar membingungkan Terima kasih

.

Saya: Ya terutama setelah Anda ditinggal ayah Anda. Ada sesuatu yang hilang dan hidup tidak sama seperti dahulu lagi.

.

Penanya ketiga: well…😭 😭 😭 😭 thanks koh

.

Saya: Sama-sama. Senang bila dapat bermanfaat.

.

PENANYA KEEMPAT.

.

B.saya masuk Karena didalam terang banyak cahaya yg menyinari Stelah bebrapa langkah bertemu seseorang dengan cahay bersinar dikepala nya dan setalah beberapa langkah banyk org yg dikepala nya bersinar putih terang benderang disepanjang jalan 

C .SEorang nenek bungkuk bertongkat tidak ada perbincangan dan pesan 

D.banyak titik cahaya putih bersinar dengan terang 

E.ya minta tanggapannya

.

Tanggapan saya:

.

Saya akan menafsirkan sebagai berikut. 

1. Berjumpa dengan sosok yang bercahaya adalah pertanda sangat bagus. Cahaya sendiri dalam berbagai kebudayaan melambangkan kebijaksanaan, kebaikan, pertolongan, dan bimbingan. Sosok bercahaya itu biasanya merupakan para makhluk di alam kedewaan. Jika Anda berjumpa dengan para makhluk seperti itu, maka mungkin sekali Anda pada kehidupan lampau pernah terlahir di alam dewa atau terlahir sebagai manusia namun mempunyai kedekatan dengan mereka. Dapat juga ditafsirkan bahwa pada kehidupan ini, Anda banyak mendapatkan perlindungan para makhluk suci. Mungkin di rumah Anda terdapat altar dewa-dewa atau Anda gemar berpuja bakti pada mereka. 

2. Meskipun demikian, Anda merupakan sosok yang mengandalkan diri Anda sendiri. Oleh karenanya, para makhluk suci tersebut juga jarang menolong Anda. Mungkin, mereka baru turun tangan jika Anda benar-benar sangat memerlukan saja. Jadi, mungkin sekali saat Anda sedang mengalami masalah besar, maka tiba-tiba saja mendapatkan pertolongan tak terduga. 

3. Titik-titik cahaya putih yang bersinar terang ini melambangkan bimbingan. Oleh karenanya, Anda dalam hidup ini akan banyak mendapatkan bimbingan atau petunjuk orang lain. Anda juga orang yang gemar mencari bimbingan atau petunjuk. Meskipun demikian, Anda juga gemar memberikan bimbingan pada orang lain, apabila mereka memintanya. Dengan kata lain, Anda tidak akan segan-segan membantu orang lain, khususnya dalam hal nasihat (bukan uang). 

4. Sayangnya, di sini muncul sosok seorang nenek tua yang bungkuk. Ini melambangkan karma dan ketakutan Anda yang nampaknya terbawa dari masa lalu. Dalam alam bawah sadar Anda sering muncul berbagai ketakutan yang tidak terjelaskan. Anda biasanya sering merasa khawatir terhadap apa yang disebut “perubahan.” Sebagai contoh, jika terjadi sedikit saja perubaan yang kurang menyenangkan dalam hidup Anda, maka Anda sudah mempunyai kekhawatiran besar. Hidup Anda menjadi tidak tenteram. Padahal itu hanya fenomena sementara saja. 

5. Sosok nenek tua itu nampaknya juga melambangkan hutang karma Anda di masa lalu. Anda berhutang karma pada sosok tersebut di kehidupan lampau Anda. Sebagai contoh, Anda pernah menjanjikan sesuatu padanya di kehidupan lampau yang tidak/belum Anda penuhi. Barangkali itulah yang menjadi alasan pula berbagai ketakutan Anda di kehidupan sekarang. Dengan demikian, Anda disarankan agar banyak menyumbang atau beramal ke panti wreda. Sebagai tambahan, mungkin sewaktu kecil Anda memiliki ketakutan terhadap sosok nenek seperti itu. 

6. Dari sisi keberuntungan, Anda cukup baik. Hanya saja masalahnya sering merasa khawatir.

Demikianlah yang dapat saya baca dari komentar Anda.

.

Penanya keempat: terimaksih ko …bener sekali

.

Saya: Sama-sama. Senang dapat bermanfaat.

.

PENANYA KELIMA

.

Saya akan masuk ke dalam gua yg terlihat gelap. Dikejauhan yg terdengar hanya suara tetes air saja.

Pelan pelan sya memasuki gua. Dri kejauhan terlihat sebuah cahaya. Tapi blom tau cahaya apakah itu. Stelah agak dekat sya melihat cahaya itu berasal dari pedang yg tertancap ke tanah.

Pedangnya cukup besar . Terdapat batu berwarna biru digagang pedangnya. Lalu saya berjalan melewati jembatan kayu agar bsa mndekati pedang tsb.

Sya mndekati pedang tsb. Sya tdk pnya keyakinan bsa buat mncabut . Tapi ada dorongan yg kuat dari pedang tsb agar sya mencabutnya.

Sya mencabut pedang itu… disekelilingi spt mau runtuh. Lalu pedang itu membawa sya melesat ke atas. Saat sdah mau mncapai diatas semua spt tertutup. Lalu secara tdk sengaja sya mengerakkn2 pedang itu menghancurkn dinding gua sehingga terbuka. Ternyata sya ada dipuncak bukit.

Tidak lama sya melihat seekor naga terbang dan mndekati sya. Lalu sya naik ke atasnya. Kami terbang…. turun di sebuah hutan. Karena kelelahan sya tertidur.

Saat sya terbangun, berdiri seorang putri dgn memakai kerudung meminta bantuan. Desanya lagi diserang oleh kerajaan sbelah.

Lalu bersama naga tdi kami terbang mnuju desa tsb. Kami brrperang bersama penduduk dan akhirnya menang. .

.

Saya:

.

Pengalaman Anda sangatlah menarik karena sangat jelas sekali. Saya sebenarnya hampir saja menutup sesi ini. Namun ternyata Anda berbagi pengalaman yang sangat menarik.

Tanggapan saya adalah sebagai berikut.

1. Pedang itu melambangkan berbagai hal, seperti kebijaksanaan dan juga penyelesaian suatu masalah. Dalam hal ini pedang dipergunakan untuk “memotong” atau mengakhiri masalah Anda. Jadi pedang memiliki dua makna. a. Secara spiritual melambangkan kebijaksanaan spiritual yang memotong kegelapan batin. b. Secara duniawi, melambangkan penyelesaian masalah dan juga kekuasaan (ingat kisah Raja Arthur yang mencabut pedang Excalibur). Namun karena ada batu berwarna biru maka ini lebih ke arah kualitas batiniah. 

2. Anda sedang melakukan pencarian spiritual yang khususnya berkaitan dengan kedamaian batin Anda. Jembatan kayu melambangkan kesederhanaan. Oleh karenanya, dalam melakukan perjalanan spiritual Anda melakukan pendekatan yang sederhana dan tidak terlalu berkutat pada teori-teori yang melambung tinggi. 

3. Anda sebenarnya sudah dekat dengan akhir pencarian spiritual Anda, tetapi belum yakin bahwa itu merupakan apa yang Anda cari. Anda antara percaya dan tidak percaya. 

4. Hasil pencarian tersebut memang sungguh bertentangan dengan apa yang Anda pegang atau yakini selama ini. Jika Anda menerimanya, Anda akan mengalami suatu goncangan batin besar dalam hidup Anda. 

5. Bila Anda menerimanya, maka beberapa pertanyaan Anda akan terpecahkan, tetapi masih ada juga hal-hal yang menghalanginya. Anda bisa naik ke atas, tetapi tetap ada suatu pertanyaan yang menghambat Anda mencapai pemahaman lebih tinggi. Tetapi dengan berbekalkan pengetahuan yang sudah Anda terima tersebut (pedang), Anda akan sanggup menjawab segenap pertanyaan tersebut dan mencapai pribadi yang lebih bebas serta bahagia. 

6. Anda akan memanfaatkannya untuk menolong orang lain, sehingga banyak orang meminta tolong pada Anda. 

7. Jika kita tafsirkan secara duniawi, maka mungkin Anda sekarang sedang mengalami suatu masalah. Anda mungkin sudah mendapatkan pemecahan bagi masalah tersebut, namun masih belum yakin. Jika menerapkannya, maka banyak hal akan mengalami kegoncangan. Anda akhirnya akan menerapkan solusi tersebut, namun akan ada menghambatnya. Anda harus berjuang lagi dan akhirnya benar-benar mendapatkan apa yang Anda harapkan. Bahkan Anda dapat menjadi sosok yang bermanfaat bagi sesama. Sebagai contoh, bila masalah itu dalam hal karir, maka ini menandakan bahwa Anda memerlukan suatu terobosan besar yang berbeda dengan sebelumnya. Akan muncul hambatan dari orang-orang sekitar Anda. Tetapi bila Anda konsisten, maka Anda akan mencapai kedudukan yang sangat baik dan bermanfaat pula bagi sesama. 

.

Demikian yang dapat saya baca.

.

Penanya kelima:

.

Terima kasih banyak. Kalau naga melambangkn simbol apa?

.

Saya: Apakah benar demikian yang Anda alami saat ini?

.

Penanya kelima: Hahahahahahaha…. benar. Ada permasalahn tapi diselesaikan dengan cara spiritual. Tapi saya agak kelelahan kalau mendalami spiritual ini.

.

Saya: Naga itu orang kuat atau berkuasa yang membantu.

.

Penanya kelima: Terima kasih.

.

Saya: Sama-sama. Senang dapat bermanfaat.

.

PENANYA KEENAM.

.

A. Saya akan masuk 

B. Sosok pertama yaitu bertemu bapak bapak,berjalan 5 langkah bertemu nenek nenek, berjalan 7 langkah bertemu anak kecil 

C. ada yg menemani, menasehati Saya supaya tidak salah langkah 

D. Akhir dari Goa Ada sebuah jalan yang terang sekali sampai mata tidak sanggup melihat nya 

E. Y ,mohon di tanggapi ya ko

.

Saya:

.

Begini adalah hasil pembacaan saya. Dalam hidup Anda akan melakukan pengejaran sebagai berikut:

1. Tahap pertama kehidupan Anda (20-40 tahun): Anda akan mengejar kemashyuran dan kehormatan. Anda bekerja demi mencari penghargaan dari orang lain. Jadi, uang bukan tujuan utama (meski tidak berarti bahwa uang tidak penting bagi Anda), melainkan nomor dua. Anda akan memperoleh berbagai pencapaian dalam hidup. Tantangannya, Anda akan berjumpa dengan musuh-musuh yang kuat. Selain itu, juga akan mengalami berbagai pengkhianatan. Tetapi tidak perlu khawatir karena Anda akan mendapatkan apa yang Anda cita-citakan.

2. Tahap kedua kehidupan Anda (40-60 tahun): Anda akan mulai memikirkan kemantapan finansial. Dengan demikian, tujuan hidup Anda akan mulai bergeser. Anda akan mulai menganggap uang sebagai sesuatu yang lebih penting. Tangangannya, kondisi kesehatan mungkin akan mulai mengalami penurunan. Dengan demikian, Anda perlu sering melakukan pemeriksaan kesehatan (medical checkup). Kemungkinan potensi-potensi penyakit akan mulai terdeteksi pada kurun waktu ini. Waspadai juga penipuan dalam hal keuangan atau orang yang merugikan Anda dari sisi keuangan. Hal ini juga mengacu pada pencurian beserta perampokan.

3. Tahap ketiga kehidupan Anda (60-80 tahun): Anda akan mulai memikirkan hal-hal spiritual, termasuk kemurnian hidup. Anda akan beralih pada pencarian kebijaksanaan, termasuk kebenaran atau hakikat kehidupan. Sebenarnya, hal ini telah tertanam dalam alam bawah sadar Anda semenjak kanak-kanak. Tetapi belum muncul ke permukaan hingga tahap ketiga kehidupan Anda ini. Sewaktu kecil mungkin Anda pernah memikirkan mengenai makna kehidupan dan pertanyaan-pertanyaan sulit lainnya. Namun hal tersebut terlupakan seiring dengan berjalannya usia.

4.Pada usia lanjut, Anda akan menemukan suatu kebenaran. Namun kebenaran itu ternyata akan sangat berbeda drastis dengan apa yang telah Anda anut atau pegang sepanjang puluhan tahun kehidupan Anda. Hal itu akan sangat mengejutkan Anda dan sangat sulit bagi Anda menerimanya. Meski Anda sadar bahwa hal tersebut merupakan suatu kebenaran hakiki, tetapi Anda akan takut menerimanya.

Demikian hasil pembacaan saya.

.

Penanya keenam: Wah benar sekali, point 1,2,3, haha,👍Point 4 yg msh krg mengerti hehe, makasih banyak ya.

.

PENANYA KETUJUH

.

A. saya masuk, tapi tidak bertemu dengan siapa2. 

B. saya masuk, tapi tdk bertemu siapapun dan saya berjalan saja terus krna ingin tahu ada apa di dlm gua. 

C. tdk ada, saya hanya mendengar suara batin saja utk menyelesaikan perjalanan ke akhir gua. 

D. Di ujung gua saya tdk menemukan siapa2. Tapi ternyata ujung gua ini adalah sebuah bukit dgn kota yang asri di bawahnya. Tumbuhan berwarna-warna, dengan kabut dan udara sejuk mengelilingi. E. Ya.

.

Saya:

.

Hasil pembacaan saya adalah sebagai berikut. Anda adalah orang yang mengandalkan diri sendiri. Keberuntungan Anda sebagian besar juga terletak pada diri sendiri. Artinya, apa pun yang Anda dapatkan umumnya berasal dari perjuangan dan daya upaya diri sendiri. Apabila terlalu mengandalkan orang lain Anda biasanya kurang memperoleh hasil memuaskan. Meski harus berjuang sendiri, Anda merupakan sosok yang berorientasi pada tujuan. Sebelum selesai Anda pantang berhenti. Tujuan Anda bekerja keras adalah demi mencapai masa depan yang tenang serta bahagia. Kita boleh menyebutnya sebagai kemerdekaan finansial (financial freedom).

.

Penanya ketujuh: wah, itu pointnya pak ivan, financial freedom. Thanks komennya. Sukses mulia

.

PENANYA KEDELAPAN

.

A. Saya Tidak Masuk, karena bentuknya gelap, mengerikan, penuh dengan derita. Dan Selanjutnya saya akan pergi ke kiri, ketika berjalan bertemu kakek tua bijak berjubah putih, berjalan berdua sambil berbagi cerita kebenaran dengannya sampai ke ujung gunung, trus saya diajak terbang ke langit menuju suatu tempat yang damai penuh dengan orang suci yang tercerahkan. 

C. Pesan2 nya, jangan lengah, waspadalah, dan teruslah berlatih. 

D. yang di jumpai di akhir perjalanan adalah kebahagiaan E. Ya. terima kasih

.

Saya:

.

Saya menafsirkan sebagai berikut. Anda merupakan orang yang mempedulikan orang lain. Anda tidak suka melihat orang lain menderita. Anda merupakan orang yang membela keadilan dan sangat benci jika menyaksikan seseorang menyusahkan atau menindas orang lain. Dalam kehidupan ini Anda mempunyai kecondongan pada sisi spiritual. Tujuan Anda adalah lebih ke arah kedamaian hidup. Uang bagi Anda barangkali adalah nomor sekian saja. Tapi anehnya meski tidak begitu mengejar uang, apa yang Anda perlukan itu selalu ada. Anda sebenarnya sudah mempunyai seorang pendamping spiritual. Mungkin Beliau seorang guru roh. Latihan spiritual yang cocok bagi Anda adalah senantiasa menjaga kesadaran serta kewaspadaan. Terkadang sifat Anda yang menjunjung tinggi keadilan itu dapat membuat Anda lepas kendali atau emosi; dimana hal ini dapat berbahaya. Itulah sebabnya latihan kesabaran dan kewaspadaan itu penting bagi Anda. Gunung dengan para suciwan itu sebenarnya melambangkan kehidupan lampau Anda serta tujuan spiritual Anda kelak.

.

Penanya kedelapan: Terima kasih atas penjelasannya, semoga berbahagia.

.

Saya: Apakah akurat?

.

Penanya kedelapan: Klo di masa lalu saya tak tau, kalo dari kecenderungan mental sekarang, memang sama seperti yang dituliskan. Iya akura, terima kasih telah memberi penjelasan/tanggapannya.

.

PENANYA KESEMBILAN:

.

Saya hanya berdiri saja di depan tangga. Tidak mau masuk ke dalam sebab saya melihat banyak lilin2 kecil tapi ruangannya terlihat lebih gelap. Dan kesannya mengerikan.

.

Saya:

.

Hasil pembacaan saya adalah sebagai berikut. Anda nampaknya mempunyai semacam trauma atau ketakutan terhadap masa lalu yang tertanam dalam alam bawah sadar Anda. Entah disadari atau tidak, maka hal tersebut merupakan penghambat bagi kebahagiaan Anda. Dengan demikian, disarankan agar Anda sanggup membebaskan diri (move on) dari trauma tersebut.

.

Apakah benar demikian?

.

Penanya kesembilan: benar sekali.

.

PENANYA KESEPULUH.

.

saya pernah coba lihat gambar goanya, setelah itu saya gak berani lagi, yang lainnya pada bertemu sosok gitu, tapi kok saya gak ya, saya gak mau masuk kedua pintunya, kalau masuk palingan di sebelah kanan goa tapi hanya sampai sepasang lampu depan goa saja, kelamaan lihat sepasang lampu itu, lampu yang terang hanya lampu itu saja, sedangkan lampu depan goa yang warna ungu jadi abu2, goa jadi berpendar2 bergerak dgn sendirinya, pesan yang terbesit dalam hati yaitu kata rahasia

.

Saya:

.

Saya akan melakukan pembacaan sebagai berikut. Anda mungkin mempunyai suatu hal yang disembunyikan dalam kehidupan Anda. Anda tidak ingin orang lain mengetahuinya. Anda merupakan sosok yang menjaga jarak terhadap orang lain. Anda tidak ingin orang lain terlalu mengenal Anda. Dengan demikian, Anda seolah-olah ingin agar orang lain hanya berdiri di depan pintu Anda saja dan kurang suka mengundang mereka masuk ke dalam. Kendati demikian, hal tersebut juga merepotkan Anda juga. Anda merasa tidak dapat menemukan atau memasuki jati diri Anda karena hal-hal yang Anda sembunyikan tersebut. Ibaratnya adalah sebagai berikut. Anda mempunyai sebuah kotak berisikan sesuatu yang Anda rahasiakan. Karena tidak ingin orang lain mengetahuinya, maka Anda juga tidak dapat membukanya sembarang waktu. Oleh karenanya, agar dapat mencapai kehidupan yang lebih bahagia, Anda perlu belajar lebih banyak membuka diri. Anda mungkin dapat merenungkan apakah hal-al tersebut memang layak Anda sembunyikan? Demikian yang dapat saya baca.

.

Penanya kesepuluh: sebenarnya ada banyak rahasia, tapi kalau sudah tiba waktunya pasti akan dibongkar,kalau tentang pribadi mending saya ngumpet aja Ko..cari aman hehe

.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . . . . 

.

 

 

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.