TEPATNYA RAMALAN SAYA: RUPIAH MENGALAMI TEKANAN YANG CUKUP KUAT

TEPATNYA RAMALAN SAYA: RUPIAH MENGALAMI TEKANAN YANG CUKUP KUAT.

.

Ivan Taniputera.

30 Agustus 2018.

.

 

.

Akhir-akhir ini, Rupiah mengalami tekanan yang cukup kuat. Pada hari ini, nilai tukar Rupiah ditutup pada kisaran Rp. 14.700 per USD. Berikut ini adalah link beritanya: http://market.bisnis.com/read/20180830/93/833172/kurs-rupiah-30-agustus-spot-dibuka-melemah-18-poin.

.

Ternyata saya telah meramalkan hal ini kurang lebih empat bulan sebelumnya. Pada artikel berjudul MEMPREDIKSIKAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP USD DENGAN BERBEKAL ILMU ASTROLOGI tertanggal 4 Mei 2018 (link: https://sejarahastrologimetafisika.blogspot.com/2018/05/memprediksikan-nilai-tukar-rupiah.html), saya telah menuliskan sebagai berikut:

.

“Meskipun demikian, setelah bulan Agustus 2018, grafiknya cenderung menurun. Itulah sebabnya, mungkin perekonomian negara kita akan mengalami penurunan dan Rupiah akan mendapatkan tekanan yang cukup signifikan.”

.

Ternyata apa yang ramalkan itu sungguh tepat adanya. Rupiah kita benar-benar mendapatkan tekanan yang cukup signifikan. Kendati demikian, semua ini bukanlah kehebatan saya, melainkan ilmu Astrologi yang terbukti keakuratannya. Marilah kita semua memanjatkan doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing agar mata uang negara kita segera menguat kembali. 

.

Sebagai catatan, ini adalah artikel selengkapnya tertanggal 4 Mei 2018 tersebut (link: https://sejarahastrologimetafisika.blogspot.com/2018/05/memprediksikan-nilai-tukar-rupiah.html.)

 

MEMPREDIKSIKAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP USD DENGAN BERBEKAL ILMU ASTROLOGI.
.
Ivan Taniputera.
4 Mei 2018.
.
Beberapa hari ini saya tertarik mengadakan penelitian mengenai keterkaitan antara perubahan nilai tukar mata uang suatu negara dengan kedudukan planet menurut ilmu Astrologi. Pada artikel kali ini, saya akan mengulas mengenai mata uang negara kita, yakni Rupiah.
.
Untuk menelaah mengenai keadaan mata uang suatu negara, maka pertama-tama kita perlu menentukan terlebih dahulu, planet-planet apa yang nampaknya berperanan dalam mata uang dan perekonomian suatu negara. Oleh karenanya, kita perlu menelaah bagan Astrologi negara kita terlebih dahulu.
.

 

.
Menurut ilmu Astrologi, khususnya Astrologi Negara (mundane Astrology), maka keuangan dan juga mata uang suatu negara dilambangkan dengan planet Venus. Berdasarkan bagan di atas, terdapat aspek yang kurang baik, yakni Square dengan Ascendant. Selain itu, mengalami conjunction atau penyatuan pula dengan Saturnus dan Rahu (Nodal Utara). Ini barangkali menandakan kecenderungan bahwa nilainya akan terus turun secara bertahap. Namun bukan berarti bahwa mata uang negara kita tidak dapat mengalami kenaikan atau penguatan, karena hal itu tergantung pula dari banyak faktor. Dari sisi Astrologi, jika mengalami transit-transit yang baik, maka mata uang negara kita berpeluang mengalami kenaikan atau penguatan. Selain itu, terdapat juga planet-planet lain yang turut berperanan dalam naik dan turunnya mata uang kita; khususnya planet-planet yang mewakili perekonomian. Lebih jauh lagi, peranan dan kebijakan pemerintah juga turut mempunyai andil yang sangat penting. Jadi, bila kita hendak melakukan analisa secara ilmu Astrologi, maka pertimbangkan pula faktor-faktor lainnya. Ikuti pula perkembangan berita terkini dan padukan dengan analisa secara ilmu Astrologi. Jangan hanya berpegang pada satu sisi saja. Analisalah secara keseluruhan atau holistik.
.
Sebagai catatan, artikel ini mungkin akan sulit dipahami bagi mereka yang belum pernah mempelajari dasar-dasar ilmu Astrologi. Itulah sebabnya, para pembaca disarankan agar mempelajari terlebih dahulu dasar-dasar ilmu Astrologi.
.
Kini kita akan mencari planet-planet lain yang berperanan dalam perekonomian negara kita. Jika berbicara keuangan, maka kita harus mengamati rumah kedua. Di sana terdapat Bulan. Oleh karenanya, transit terhadap Bulan pada bagan Astrologi negara kita juga akan memberikan dampak bagi perekonomian. Selanjutnya, zodiak penguasa rumah kedua tersebut adalah Scorpio, yang mempunyai dua planet penguasa, yakni Mars dan Pluto. Dengan demikian, kita kini mendapatkan empat planet yang perlu ditelaah jika hendak menganalisa kondisi mata uang negara kita; yakni Venus, Bulan, Mars, dan Pluto.
.
Agar analisa ini tidak terlalu mengambang atau agar bersikap lebih riil, maka kita perlu memberikan nilai-nilai tertentu bagi faktor-faktor astrologis di sini. Pertama-tama, kita perlu memilih terlebih dahulu aspek-aspek transit apa yang hendak kita perhitungkan dalam analisa. Saya memilih empat aspek transit saja; yang terbagi menjadi “aspek baik” dan “aspek buruk.” Adapun “aspek baik” adalah Trine (disingkat TR) dan Sektile (disingkat SE). Sedangkan “aspek buruk” adalah Square (disingkat SQ) dan Opposition (disingkat OP). Dalam ilmu Astrologi keempat transit itu yang dianggap paling kuat atau berpengaruh. Sebenarnya masih terdapat aspek-aspek lainnya, namun kalau kita perhitungkan seluruhnya akan menjadi sangat rumit. Sebagai percobaan awal, saya cukupkan dengan empat aspek Astrologi tersebut saja.
.
Di sini kita juga perlu bedakan kekuatannya. Trine dan Square umumnya dianggap lebih kuat dibandingkan dengan Sektile dan Opposition. Selain itu, sudut penyimpangan (orb) juga memainkan peranan penting. Semakin mendekati eksak, maka kekuatan pengaruhnya akan semakin besar. Itulah sebabnya saya lalu menetapkan nilai-nilai sebagai berikut.
.
TRINE (TR).
.
Orb 0-3 derajat, nilai +6
Orb 3-6 derajat, nilai +5
Orb lebih dari 6 derajat, nilai +4
.
SEKTILE (SE).
.
Orb 0-3 derajat, nilai +3
Orb 3-6 derajat, nilai +2
Orb lebih dari 6 derajat, nilai +1.
.
SQUARE (SQ)
.
Orb 0-3 derajat, nilai -6
Orb 3-6 derajat, nilai -5
Orb lebih dari 6 derajat, nilai -4
.
OPPOSITION (OP)
.
Orb 0-3 derajat, nilai -3
Orb 3-6 derajat, nilai -2
Orb lebih dari 6 derajat, nilai -1.
.
Langkah selanjutnya adalah mencari data kurs Rupiah dari awal kemerdekaan negara kita hingga saat ini. Data saya ambil dari wikipedia dan juga sumber lainnya. Selanjutnya, kita mengamati transit planet apa saja yang terjadi pada keempat planet sebagaimana tercantum di bagan Astrologi negara kita. Hasilnya akan kita tuangkan pada tabel-tabel sebagai berikut.
.
.
.
.
.
Kita amati lajur Moon (Mo) atau Bulan. Tertera tulisan SQ Mo 0,59 -6. Artinya adalah pada saat itu Bulan mengalami Square (SQ) dengan Bulan (Moon) transit. Adapun sudut penyimpangannya sebesar 0 derajat 59 menit. Itulah sebabnya, kita akan memberinya nilai -6. Kita jumlahkan semua nilai secara keseluruhan pada keempat planet dan mendapatkan nilai -16. Ini kita sebut nilai saja. Untuk mengetahui kecenderungan naik atau turunnya, kita jumlahkan dengan nilai sebelumnya. Inilah yang saya sebut dengan Nilai Akumulatif Astrologi. Dengan demikian, kita sudah mengetahui makna tulisan atau angka pada tabel di atas. Agar mudah, kita akan menuangkannya dalam bentuk grafik garis. Yang akan kita tampilkan dalam grafik hanya nilai kurs dan Nilai Akumulatif Astrologi saja. Hasilnya adalah sebagai berikut.
.
.
Jika kita amati maka keduanya secara mengejutkan menampilkan pola yang mirip. Jika nilai kurs naik, maka artinya Rupiah kita melemah; sehingga grafik Nilai Akumulatif Astrologinya akan memberikan kecenderungan menurun. Itulah sebabnya, kedua grafik idealnya akan saling berkebalikan. Jika yang satu naik, maka yang satu lagi seharusnya turun. Meski tidak 100 persen tepat, namun grafik Nilai Akumulatif Astrologi dapat menggambarkan naik dan turunnya nilai kurs Rupiah dengan cukup akurat. Oleh karenanya, saya berpendapat bahwa metoda di atas dapat dipergunakan menghitung dan memprediksi naik serta turunnya mata uang beserta perekonomian kita. Grafik Nilai Akumulatif Astrologi juga memperlihatkan dengan tepat saat negara kita mengalami krisis, yakni sewaktu akhir Orde Lama dan Orde Baru. Nampaknya hal ini membuktikan keakuratan ilmu Astrologi.
.
Berdasarkan grafik di atas kita dapat menyimpulkan bahwa antara 2001 hingga kurang lebih 2008 perekonomian agak stabil. Namun setelah itu, nilai tukar Rupiah cenderung mengalami pelemahan kembali.
.
Selanjutnya, kita akan menggunakan metoda di atas untuk memprediksi nilai tukar Rupiah dan keadaan perekonomian negara kita pada tahun 2018. Berikut ini adalah grafiknya.
.
.
Berdasarkan grafik di atas, maka Nilai Akumulatif Astrologi hingga bulan Agustus 2018 masih dapat dikatakan baik atau memperlihatkan kecenderungan naik. Oleh karenanya, nilai tukar Rupiah masih akan terkendali. Meskipun demikian, setelah bulan Agustus 2018, grafiknya cenderung menurun. Itulah sebabnya, mungkin perekonomian negara kita akan mengalami penurunan dan Rupiah akan mendapatkan tekanan yang cukup signifikan.
.
Demikianlah, kita sudah mempelajari penggunaan ilmu Astrologi untuk memprediksi pergerakan Rupiah.
.
TREN KE DEPAN:
.
Penelitian ini masih sangat awal dan memerlukan pengembangan lebih lanjut. Barangkali di masa mendatang perlu pula ditelaah bagaimana pengaruh asteroid, mengingat bahwa ilmu Astrologi dewasa ini telah memasukkan pula asteroid beserta benda-benda langit lainnya. Kedua, saya menduga bahwa untuk memperoleh hasil yang lebih akurat, kita perlu meneliti bagaimana keadaan keuangan negara satunya lagi secara Astrologis. Sebagai contoh, bila kita membandingkan nilai tukar Rupiah dengan USD, maka kita perlu pula mengamati bagaimana keadaan keuangan Amerika Serikat berdasarkan Astrologi. Selanjutnya, kita tentukan negara manakah yang nilainya lebih baik. Demikianlah sekedar saran bagi penelitian di masa mendatang.

.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . 

.

 

.

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.